Quetta-Pakistan

Danau Hana
--------
Quetta (Urdu: کوئٹہ) adalah ibukota provinsi Balochistan di Pakistan. Ejaan kata 'Quetta' adalah romanisasi yang keliru dalam bahasa Inggris dari kwatta yang artinya 'benteng' dalam bahasa Pushtu. Quetta juga dikenal sebagai "kebun buah" Pakistan. Provinsi ini terletak di Distrik Quetta yang padat penduduknya, di timur laut provinsi ini, dan di sebuah lembah sungai dekat perbatasan dengan Afganistan, dengan jalan menuju Kandahar di barat dayanya.

Sejarah
Quetta adalah sebuah benteng alam, yang dikelilingi dengan bukit-bukit menjulang di semua sisinya. Bukit-bukit yang mengelilinginya ini bernama Chiltan, Takatoo, Mordar dan Zarghun.

Quetta pertama kalid isebut pada abad ke-11 ketika direbut oleh Mahmood dari Ghazni dalam salah satu invasinya terhadap anak benua ini. Pada 1543 kaisar Moghul Humayun beristirahat di situ ketika ia mengundurkan diri ke Persia. Ia meninggalkan anak lelakinya yang berusia satu tahun, Akbar, sampai ia kembali lagi dua tahun kemudian. Bangsa Moghul memerinta Quetta hingga 1556, ketika bangsa Persia merebutnya, namun direbut kembali oleh Akbar pada 1595.
( WIKIPEDIA )