Kota Taipei

Kota Taipei, 11 Februari 2004
------------
Kota Taipe adalah ibukota sementara Republik Cina serta merupakan kota terbesar di Taiwan. Banyak perusahaan industri dan jasa termasuk peralatan listrik dan elektronik, tekstil, logam, pembuatan kapal, dan motor yang menempatkan kantor pusatnya di kota ini.


Citra Satelit Kota Taipe, 10 April 1994
------------
Kota Taipei adalah munisipaliti khusus yang diatur secara langsung oleh pemerintah pusat. Dia tidak termasuk tetapi dikelilingi seluruhnya oleh Kabupaten Taipei, yang diatur sebagai bagian dari Provinsi Taiwan. Walikota Taipei yang sekarang adalah Hau Lung-pin yang menjabat wali kota sejak tahun 2006.
Kawasan ini dikenal sebagai dataran rendah Taipei merupakan rumah dari suku Ketagalan sebelum abad ke 18. Suku Han China datang ke dataran Taipei pada tahun 1709. Tahun 1895 sewaktu Qing kalah dalam Perang Jiawu melawan Jepang, Taiwan terpaksa diserahkan ke Jepang dan menjadi koloninya. Kekaisaran Jepang kemudian mendirikan kantor kegubernuran (???)di Taipei. Kantor Gubernur ini kemudian yang menjadi Kantor Kepresidenan (???) sekarang ini. Selama 50 tahun Jepang berkuasa sampai kemudian Jepang kalah dalam Perang Dunia II dan harus menyerahkan Taiwan kembali ke pangkuan Tiongkok yang saat itu dikuasai oleh pemerintah nasionalis Kuomintang. Setelah perang saudara antara kaum komunis dan kaum nasionalis berakhir dengan kemunduran Chiang Kai-shek ke Taiwan, Taipei kemudian dijadikan sebagai ibukota sementara Republik China. Kota Taipei terletak di dataran rendah Taipei, dikelilingi oleh pegunungan terutama di bagian utara, timur dan tenggara. Titik tertinggi di dalam wilayah Kota Taipei adalah puncak Gunung Qixing (1120 meter).
Sungai-sungai di kota ini seluruhnya termasuk ke dalam DAS Tamsui yang bermuara ke Selat Taiwan dan Laut China Timur. Taipei beriklim sub-tropis dengan suhu rata-rata 20 derajat Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu terendah di musim dingin dapat mencapai 6 derajat Celsius sedangkan di musim panas dapat mencapai 34 derajat Celsius. wikipedia